2 Politisi Ini Loncat dari PAN ke Partai Ummat, Terungkap Alasan Gabung Partai Bentukan Amien Rais

Partai Ummat gagasan Amien Rais telah dideklarasikan secara nasional, Kamis (29/4/2021). Acara deklarasi Partai Ummat ditayangkan di YouTube Amien Rais Official. Menantu Amien Rais, Ridho Rahmadi, menjadi Ketua Umum Partai Ummat.

Sejumlah tokoh dari Partai Amanat Nasional (PAN) kini menjadi pengurus Partai Ummat ini. Dua di antara tokoh tersebut yakni Sugeng dan Buhari Kahar Muzakkar. Tokoh dari Jawa Timur, Sugeng mendapat posisi Wakil Ketua Umum II DPP Partai Ummat.

Selama ini, Sugeng dikenal sebagai orang dekat Amien Rais. Dia merupakan mantan petinggi PAN di Jawa Timur. Posisi terakhir yang ia emban sebelum akhirnya keluar dari PAN adalah Ketua Majelis Pertimbangan Partai PAN Jawa Timur.

Setelah memutuskan keluar dari PAN, Sugeng juga termasuk tokoh yang turut menyiapkan Partai Ummat di Jawa Timur. Dia menjadi Ketua Tim Persiapan Pendirian Partai Ummat Jatim. Sugeng keliling ke berbagai daerah di Jatim untuk melakukan konsolidasi.

Saat ini, Sugeng mendapatkan tugas untuk terus membesarkan Partai. Dia memegang beberapa daerah, termasuk untuk wilayah Jawa. Awalnya, Sugeng mengaku bukan tujuannya untuk menjadi pengurus apalagi hingga tingkat pusat.

Namun, lantaran kepercayaan yang diberikan akhirnya membuat dia menerima untuk masuk di jajaran DPP. "Kami terus konsolidasi, ini deklarasi setelah itu ngurus ke Kementerian." "Kita tinggal nyusun administrasinya. Mungkin saya keliling untuk membantu teman teman di bawah di provinsi lain untuk penyiapan administrasi," ujarnya, dikutip dari , Kamis (29/4/2021).

Mantan Sekretaris DPW PAN Sulawesi Selatan, Buhari Kahar Muzakkar, kini menjadi lokomotif Partai Ummat Sulawesi Selatan. Buhari Kahar Muzakkar ditunjuk menempati posisi Majelis Pertimbangan Wilayah Partai Umat Sulsel. Ketua Umum Kerukunan Keluarga Luwu Raya itu mengaku bergabung dengan Partai Ummat atas ajakan langsung dari Amien Rais.

Bahkan, Buhari mengaku sempat ditawari menjabat Ketua wilayah Partai Ummat Sulawesi Selatan. Namun, Buhari justru memilih menjabat Ketua Majelis Pertimbangan Wilayah. "Terus terang saja dari awal saya yang diinginkan Pak Amien Rais jadi ketua wilayah di Sulsel, tapi saya bilang saya tidak usah," ujarnya, dikutip dari , Kamis (29/4/2021).

Ia juga belum bisa memastikan apakah akan ikut bertarung kembali dalam pemilihan legislatif 2024 mendatang. "Saya sebenarnya sudah ingin pasif dari politik, tapi begitu partai ummat ini dibentuk, saya dihubungi dari orang pak Amien. Bisa saja saya tidak caleg, bisa saja ya," jelasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.