Big Data, Simak 3 Bagian dan Fungsinya

Penggunaan basis data untuk mengolah dan menyimpan semua informasi. Istilah big data mungkin sudah akrab di telinga Anda sebagai pengembang dari perangkat lunak dalam skala luas.

3 Bagian Big Data

Mengartikan data besar sebagai kumpulan proses terdiri dari data yang terstruktur maupun tidak terstruktur untuk membantu kegiatan bisnis. Istilah tersebut merupakan hasil dari pengembangan sistem database. Hanya saja berbeda pada kecepatan, volume dan jenis.

Definisi dari istilah ini terdiri dari 3 bagian, yaitu:

  • Volume

Ukuran yang dimiliki database dalam ukuran besar kapasitasnya sangat besar. Anda bisa melakukan proses data dengan ukuran yang besar.

  • Velocity

Mengacu pada kecepatan saat transfer data yang berpengaruh dalam proses pengiriman data secara efektif dan stabil. Kecepatannya memungkinkan untuk menerima secara real time dan bisa langsung melalui aliran data menuju memori. 

  • Variety

Jenis data juga lebih banyak dengan sifat jenis datanya masih tradisional, namun lebih terstruktur. Anda bisa menemuinya pada teks, audio dan video.

Fungsi Big Data

Big Data memiliki fungsi di dalam proses pengembangan dan penyempurnaan aplikasi. Beberapa fungsinya antara lain:

  • Menentukan Penyebab Masalah

Fungsi pertamanya adalah menentukan serta menganalisa apa penyebab dari sebuah permasalahan di dalam sebuah sistem. Kemudian juga bisa meminimalisir kegagalan dalam proses penyimpanan data. Sehingga bisa menampilkan data secara langsung.

  • Mengambil Keputusan yang Tepat

Data besar tersebut digabungkan dengan sistem dan perangkat teknologi yang cerdas. Misalnya saja Internet of things dan Artificial intelligence. Memiliki tugas untuk memberikan serta menyimpan data. 

Tidak hanya itu, fungsi lainnya yaitu menyimpan informasi dalam pengembangan sebuah produk. 

  • Mendeteksi Anomali

Fungsi selanjutnya adalah melakukan pendeteksian terhadap bentuk dan proses kegiatan yang menyimpan. Pendeteksian dilakukan secara tepat dan cepat terhadap kesalahan dari sisi teknis maupun non teknis.

  • Mengurangi Biaya, Waktu dan Peningkatan Performa

Menggunakan sistem ini dapat mengurangi biaya yang harus Anda keluarkan. Selain itu juga bisa mengelola waktu dalam menjalankan sebuah operasi menjadi lebih cepat.

Hadirnya big data pada proses penyimpanan data dan pengelolaannya akan sangat membantu Anda. Sehingga keberadaannya sangat penting.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Bisnis

Perhatikan Hal Ini Sebelum Anda Berbisnis Salon Kecantikan

Salon dan klinik kecantikan masih menjadi bisnis yang menjanjikan. Pasalnya, layanan perawatan rambut dan tubuh selalu dicari oleh banyak orang. Maka tak heran banyak pihak yang ingin membuka salon. Namun menjalankan bisnis salon bukan hanya perkara memberikan ragam pelayanan terbaik. Menjalankan bisnis salon dan kecantikan juga harus dibarengi dengan kemampuan memonitor berbagai hal. Sebab, ini […]

Read More
Bisnis

Memahami Mesin Kasir Offline Biasa dan Berbasis Komputer

Seperti yang kita ketahui bahwa mesin kasir offline mempunyai beberapa fungsi yang bisa dimanfaatkan oleh para pemilik usaha seperti halnya pencatatan laporan untung rugi yang jauh lebih baik. Tak hanya itu saja karena juga bisa dimanfaatkan untuk menyimpan serta merekam data hasil laporan akhir. Apa yang harus dipahami dari mesin kasir offline biasa dan berbasis […]

Read More
Bisnis

Bagaimana Cara Kirim Paket dari USA ke Indonesia agar Mendapat Harga Murah?

Biaya menjadi salah satu faktor pertimbangan yang sering kali dipikirkan matang-matang sebelum melakukan sesuatu. Terutama ketika akan kirim paket dari USA ke Indonesia menggunakan ekspedisi khusus, lalu bagaimana caranya agar mendapatkan tarif murah namun tetap aman pengirimannya? Beberapa Cara Kirim Paket dari USA ke Indonesia agar Mendapat Harga Murah Harga murah memang paling hal paling […]

Read More