Big Data, Simak 3 Bagian dan Fungsinya

Penggunaan basis data untuk mengolah dan menyimpan semua informasi. Istilah big data mungkin sudah akrab di telinga Anda sebagai pengembang dari perangkat lunak dalam skala luas.

3 Bagian Big Data

Mengartikan data besar sebagai kumpulan proses terdiri dari data yang terstruktur maupun tidak terstruktur untuk membantu kegiatan bisnis. Istilah tersebut merupakan hasil dari pengembangan sistem database. Hanya saja berbeda pada kecepatan, volume dan jenis.

Definisi dari istilah ini terdiri dari 3 bagian, yaitu:

  • Volume

Ukuran yang dimiliki database dalam ukuran besar kapasitasnya sangat besar. Anda bisa melakukan proses data dengan ukuran yang besar.

  • Velocity

Mengacu pada kecepatan saat transfer data yang berpengaruh dalam proses pengiriman data secara efektif dan stabil. Kecepatannya memungkinkan untuk menerima secara real time dan bisa langsung melalui aliran data menuju memori. 

  • Variety

Jenis data juga lebih banyak dengan sifat jenis datanya masih tradisional, namun lebih terstruktur. Anda bisa menemuinya pada teks, audio dan video.

Fungsi Big Data

Big Data memiliki fungsi di dalam proses pengembangan dan penyempurnaan aplikasi. Beberapa fungsinya antara lain:

  • Menentukan Penyebab Masalah

Fungsi pertamanya adalah menentukan serta menganalisa apa penyebab dari sebuah permasalahan di dalam sebuah sistem. Kemudian juga bisa meminimalisir kegagalan dalam proses penyimpanan data. Sehingga bisa menampilkan data secara langsung.

  • Mengambil Keputusan yang Tepat

Data besar tersebut digabungkan dengan sistem dan perangkat teknologi yang cerdas. Misalnya saja Internet of things dan Artificial intelligence. Memiliki tugas untuk memberikan serta menyimpan data. 

Tidak hanya itu, fungsi lainnya yaitu menyimpan informasi dalam pengembangan sebuah produk. 

  • Mendeteksi Anomali

Fungsi selanjutnya adalah melakukan pendeteksian terhadap bentuk dan proses kegiatan yang menyimpan. Pendeteksian dilakukan secara tepat dan cepat terhadap kesalahan dari sisi teknis maupun non teknis.

  • Mengurangi Biaya, Waktu dan Peningkatan Performa

Menggunakan sistem ini dapat mengurangi biaya yang harus Anda keluarkan. Selain itu juga bisa mengelola waktu dalam menjalankan sebuah operasi menjadi lebih cepat.

Hadirnya big data pada proses penyimpanan data dan pengelolaannya akan sangat membantu Anda. Sehingga keberadaannya sangat penting.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bisnis

Layanan Baru BFI Finance dengan Tekhnologi BFI Connect

BFI Finance sebagai perusahaan multifinance terbaik di Indonesia, saat ini siap memanfaatkan peluang bisnis di tengah perbaikan ekonomi makro, mengisi celah yang ditinggalkan competitor di 2022. PT BFI Finance Indonesia Tbk (BFIN) telah mentransformasi layanan digital dengan BFI Connect. Layanan BFI Finance terbarunya ini akan teritegerasi di aplikasi ekosistem digital dengan target menggaet segmen pasar […]

Read More
Bisnis

Mesin Parut Kelapa, Bagaimana Cara Merawatnya?

Untuk mengolah kelapa menjadi parutan membutuhkan mesin sebagai penentunya. Memilih mesin parut kelapa yang baik tentu saja menjadi penting, namun yang lebih penting lagi adalah cara merawatnya. Manfaat Mesin Parut Kelapa Untuk hasil parutan yang bagus dan berkualitas hendaknya menjaga mesin dalam kondisi baik. Menggunakan mesin akan menjaga kualitas dari hasil parutan, selain itu juga […]

Read More
Bisnis

6 Cara Promosi di Instagram yang Mudah untuk Pemula

Instagram menjadi media sosial yang banyak digunakan oleh pebisnis. Cara promosi di Instagram banyak diincar oleh pengguna yang memanfaatkan platform ini untuk bisnis. Untuk bisa berpromosi, mari simak hal yang harus Anda ketahui tentang langkah promosi di Instagram berikut.    6 Cara Promosi di Instagram yang Mudah untuk Pemula   Dibutuhkan cara promosi di Instagram […]

Read More