Cara Mengatasi Mata Merah: Lakukan 5 Langkah Ini!

Mata merah tentunya akan membuat pengidapnya tidak nyaman. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena ada beberapa cara mengatasi mata merah yang mudah dilakukan agar bisa mengatasi dengan segera ada baiknya juga jika anda mengenali gejala penyebab mata merah.

Mengapa Mata Menjadi Merah?

Mata merupakan salah satu organ yang paling sensitif. Pasalnya, mata sering terpapar oleh udara luar sehingga Anda harus melindunginya dengan baik. 

Sebelum membahas lebih jauh cara mengatasi mata merah, sebaiknya mencari tahu terlebih dahulu apa penyebabnya. Berikut ini beberapa sebab yang menjadikan mata menjadi merah, antara lain:

Kemasukan Benda Asing

Penyebab mata merah paling banyak yaitu pemasukan benda asing. Benda asing bisa berupa pasir atau debu yang masuk ke mata menyebabkan mata berair.

Benda asing tersebut akan menggores kornea sehingga mata menjadi kemerahan, berair atau sensitif terhadap cahaya. Trauma atau luka pada mata karena gejala, seperti terpapar zat kimia berat perlu penanganan yang lebih serius.

Mata Kering

Selanjutnya, penyebab mata menjadi merah yaitu kondisi mata yang kering. Kondisi mata yang kering diakibatkan karena kelenjar air mata tidak memproduksi banyak cairan mata. 

Baik dilihat dari segi kualitas maupun kuantitasnya sehingga mata tidak bisa terlumasi dengan baik. Hal tersebut mengakibatkan mata menjadi kering dan teriritasi.

Konjungtivitis

Masalah lainnya mengerti kebaikan mata memerah yaitu kondisi konjungtivitis. Kondisi ini sering juga disebut dengan Pink Eye. kondisi Pink Eye ini merupakan infeksi mata yang paling umum dan sifatnya menular.

Kondisi ini terjadi ketika membran transparan yang menutupi bola mata dan kelopak mengalami infeksi. Sehingga membuat pembuluh darah ke mata teriritasi dan membengkak.

Sebagian besar kondisi ini diakibatkan oleh virus, bakteri atau jamur. Selain itu, biasanya diperparah dengan paparan polusi, debu, asap atau zat kimia tertentu.

5 Cara Mengatasi Mata Merah

Agar kondisi mata merah segera pulih, Anda bisa menerapkan beberapa hal berikut ini:

Mengompres Mata

Langkah awal yang cukup membantu meredakan mata merah yaitu dengan cara mengompres. Lakukan beberapa tahap untuk melakukan kompres pada mata yang merah yaitu:

  • Anda harus menyiapkan terlebih dahulu wadah yang berisi air dingin atau air hangat.
  • Kemudian gunakan kain yang lembut untuk mengompres area mata.
  • Selanjutnya kompres bagian mata secara bergantian selama 3 sampai 5 menit menit.
  • Setelah selesai melakukan pengompresan, Anda harus mengeringkan area mata.

Hindari Penggunaan Riasan Mata

Ketika anda mengalami kondisi mata merah, sebaiknya menghindari penggunaan riasan mata. Selain itu, Anda harus memastikan kebersihan setelah menggunakan riasan mata. Sebaiknya gunakan bahan riasan dan cara yang tepat membersihkannya untuk menghindari kondisi mata merah.

Jangan Menggaruk Mata

Langkah selanjutnya, sebaiknya tidak menggaruk mata yang sedang merah. Jika mata terasa gatal, Segera lakukan pemeriksaan.

Hindari Penggunaan Lensa Kontak

Jika anda pengguna lensa kontak dan sedang mengalami mata merah, sebaiknya menghindari terlebih dahulu. Anda harus memperhatikan pembatasan penggunaan lensa kontak.

Selain itu, jangan lupa untuk mencuci tangan sebelum menggunakan maupun melepaskan lensa kontak. Selanjutnya pastikan cairan yang Anda gunakan untuk menyimpan lensa kontak masih bagus kualitasnya.

Istirahatkan Mata

Cara ampuh terakhir yang bisa Anda terapkan yaitu mengistirahatkan mata untuk sementara. Hindari penggunaan gadget selama mata masih merah. 

Selain itu, terapan gaya hidup sehat dengan mengkonsumsi lebih banyak makanan yang mengandung nutrisi yang dibutuhkan mata. Hindari juga paparan asap rokok karena bisa menimbulkan mata merah.

 

Coba terapkan cara mengatasi mata merah dan penuhi kebutuhan nutrisi untuk mata agar tetap sehat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.