Ini Dia Pentingnya Sabuk Pengaman Mobil Untuk Anda!

Fitur keselamatan merupakan teknologi yang terus ditingkatkan oleh para produsen mobil. Baik mobil Mitsubishi yang dipasarkan dengan adanya tawaran promo kredit mobil Mitsubishi maupun tanpa promo. Sebab, keselamatan dalam berkendara merupakan hal utama yang harus diperhatikan. Namun, meskipun sudah ada banyak fitur baru, ada satu fitur lama tetapi tetap penting yang harus Anda gunakan setiap berkendara, yaitu sabuk pengaman atau seat belt.

Pentingnya Sabuk Pengaman Mobil

Sabuk pengaman adalah sabuk yang digunakan secara melintang untuk seluruh penumpang dan pengemudi mobil dengan tujuan melindungi dari risiko benturan. Sabuk ini aksan mengunci otomatis di saat terdapat tabrakan atau pengemudi melakukan pengereman mendadak yang membuat tubuh penumpang terdorong ke depan. Meskipun terlihat sederhana, tetapi fitur ini sangat penting dan berikut adalah fungsi pentingnya:

1.      Melindungi Tubuh dari Benturan

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, sabuk yang melintang pada bagian dada penumpang ini akan mengunci secara otomatis saat tubuh penumpang maju mendadak. Hal ini akan melindungi tubuh dari risiko benturan ke arah dashboard (penumpang depan) atau ke.bangku depannya (penumpang belakang) yang berpotensi menimbulkan cedera parah.

Memang ketika benturan sangat parah, penggunaan sabuk pengaman terkadang menimbulkan dampak juga bagi tubuh, salah satunya masalah pada tulang rusuk. Namun hal ini terjadi jika benturan memang sangat dahsyat. Selain itu, masalah tersebut masih tidak sebanding dengan bahaya dan cedera lebih besar yang mungkin terjadi jika Anda tidak menggunakan sabuk pengaman.

2.      Mencegah Anda Terlempar

Kecelakaan lalu lintas tidak bisa diprediksi seberapa besar parahnya atau dampaknya. Tidak sedikit kecelakaan lalu lintas yang menyebabkan pintu mobil terlepas atau terbuka. Atau, bisa jadi kaca depan mobil pecah akibat benturan besar yang terjadi saat kecelakaan.

Jika tidak menggunakan sabuk pengaman, maka risikonya yaitu Anda akan terlempar keluar saat kecelakaan terjadi. Tentunya hal ini bisa menyebabkan dampak kecelakaan menjadi semakin parah.

3.      Menaati Peraturan yang Ada

Setiap negara memiliki aturan ketat mengenai hal ini. Bukan hal yang berlebihan memang, mengingat fitur sederhana ini bisa sangat bermanfaat dalam meminimalis dampak kecelakaan.

Ketika Anda mengenadari atau menjadi penumpang dan mengabaikan penggunaan fitur keselamatan ini, maka jangan protes jika terkena tilang. Sebab sebenarnya aturan tersebut dibuat demi menjaga keselamatan para pengendara dan penumpang mobil saat bepergian.

 

Tetaplah Memakai Sabuk Pengaman Anda!

Itulah beberapa pentingnya sabuk pengaman mobil yang harus Anda ketahui dan patuhi. Tidak ada kerugian yang dapat Anda rasakan dengan memakai sabuk pengaman ini. Maka dari itu, tetaplah ingat untuk memakainya setiap kali Anda berkendara maupun menjadi penumpang!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.