Mesin Parut Kelapa, Bagaimana Cara Merawatnya?

Untuk mengolah kelapa menjadi parutan membutuhkan mesin sebagai penentunya. Memilih mesin parut kelapa yang baik tentu saja menjadi penting, namun yang lebih penting lagi adalah cara merawatnya.

Manfaat Mesin Parut Kelapa

Untuk hasil parutan yang bagus dan berkualitas hendaknya menjaga mesin dalam kondisi baik. Menggunakan mesin akan menjaga kualitas dari hasil parutan, selain itu juga akan menghemat banyak waktu.

 

Proses memarut menggunakan mesin sangat mudah. Anda hanya perlu memasukkan kelapa yang sudah dikupas. Daging buah bisa Anda masukkan ke dalam mesin. Lalu hanya cukup menunggunya setelah diproses.

 

Mesin parut ini banyak Anda jumpai di pasar-pasar tradisional sebagai salah satu bidang usaha. Menggunakan mesin ini bisa meminimalisir tangan terluka.

 

Selain itu, mesin ini Anda butuhkan untuk bidang usaha yang memerlukan santan. Sehingga memakai mesin akan lebih efektif dalam menghasilkan parutan kelapa.

Tips Merawat Mesin Parut Kelapa

Agar mesin parut kelapa awet, Anda bisa menggunakan beberapa tips berikut ini:

Rajin Membersihkannya

Anda sebaiknya rutin membersihkan corong pada mesin. Corong berada di bagian atas mesin tempat Anda masukkan kelapa yang masih utuh. Corong akan terhubung langsung dengan mata parut.

 

Bagian corong ini sering terkena air yang digunakan untuk mencuci kelapa. Walaupun bahannya dari stainless steel, namun jika tidak bersih akan menimbulkan karat.

 

Anda bisa membersihkan dengan mengelapnya dengan kain. Gunakan kain yang permukaannya lembut dan benar-benar kering agar tidak timbul goresan. Sehingga bagian dari stainless steelnya tidak rusak.

Membersihkan Mata Parut

Bentuk mata parut dari mesin ini lonjong serta ada gerigi yang nantinya akan menghancurkan kelapa. Setelah selesai melakukan proses memarut, akan tertinggal sisa-sisa serabut kelapa.

 

Jika tidak segera Anda bersihkan akan menimbulkan kerak. Sehingga akan mengakibatkan ketajaman gerigi berkurang. Cara membersihkannya cukup mudah, Anda hanya perlu menyikat lalu menyiramnya dengan air.

 

Jangan lupa untuk mengelapnya sampai kering. Anda bisa membersihkan setiap selesai memakai mesin.

 

Membersihkan secara teliti setiap bagian dari mesin parut kelapa sangat penting. Agar mesin tetap awet dan bekerja dengan maksimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Bisnis

Perhatikan Hal Ini Sebelum Anda Berbisnis Salon Kecantikan

Salon dan klinik kecantikan masih menjadi bisnis yang menjanjikan. Pasalnya, layanan perawatan rambut dan tubuh selalu dicari oleh banyak orang. Maka tak heran banyak pihak yang ingin membuka salon. Namun menjalankan bisnis salon bukan hanya perkara memberikan ragam pelayanan terbaik. Menjalankan bisnis salon dan kecantikan juga harus dibarengi dengan kemampuan memonitor berbagai hal. Sebab, ini […]

Read More
Bisnis

Memahami Mesin Kasir Offline Biasa dan Berbasis Komputer

Seperti yang kita ketahui bahwa mesin kasir offline mempunyai beberapa fungsi yang bisa dimanfaatkan oleh para pemilik usaha seperti halnya pencatatan laporan untung rugi yang jauh lebih baik. Tak hanya itu saja karena juga bisa dimanfaatkan untuk menyimpan serta merekam data hasil laporan akhir. Apa yang harus dipahami dari mesin kasir offline biasa dan berbasis […]

Read More
Bisnis

Bagaimana Cara Kirim Paket dari USA ke Indonesia agar Mendapat Harga Murah?

Biaya menjadi salah satu faktor pertimbangan yang sering kali dipikirkan matang-matang sebelum melakukan sesuatu. Terutama ketika akan kirim paket dari USA ke Indonesia menggunakan ekspedisi khusus, lalu bagaimana caranya agar mendapatkan tarif murah namun tetap aman pengirimannya? Beberapa Cara Kirim Paket dari USA ke Indonesia agar Mendapat Harga Murah Harga murah memang paling hal paling […]

Read More