Mesin Parut Kelapa, Bagaimana Cara Merawatnya?

Untuk mengolah kelapa menjadi parutan membutuhkan mesin sebagai penentunya. Memilih mesin parut kelapa yang baik tentu saja menjadi penting, namun yang lebih penting lagi adalah cara merawatnya.

Manfaat Mesin Parut Kelapa

Untuk hasil parutan yang bagus dan berkualitas hendaknya menjaga mesin dalam kondisi baik. Menggunakan mesin akan menjaga kualitas dari hasil parutan, selain itu juga akan menghemat banyak waktu.

 

Proses memarut menggunakan mesin sangat mudah. Anda hanya perlu memasukkan kelapa yang sudah dikupas. Daging buah bisa Anda masukkan ke dalam mesin. Lalu hanya cukup menunggunya setelah diproses.

 

Mesin parut ini banyak Anda jumpai di pasar-pasar tradisional sebagai salah satu bidang usaha. Menggunakan mesin ini bisa meminimalisir tangan terluka.

 

Selain itu, mesin ini Anda butuhkan untuk bidang usaha yang memerlukan santan. Sehingga memakai mesin akan lebih efektif dalam menghasilkan parutan kelapa.

Tips Merawat Mesin Parut Kelapa

Agar mesin parut kelapa awet, Anda bisa menggunakan beberapa tips berikut ini:

Rajin Membersihkannya

Anda sebaiknya rutin membersihkan corong pada mesin. Corong berada di bagian atas mesin tempat Anda masukkan kelapa yang masih utuh. Corong akan terhubung langsung dengan mata parut.

 

Bagian corong ini sering terkena air yang digunakan untuk mencuci kelapa. Walaupun bahannya dari stainless steel, namun jika tidak bersih akan menimbulkan karat.

 

Anda bisa membersihkan dengan mengelapnya dengan kain. Gunakan kain yang permukaannya lembut dan benar-benar kering agar tidak timbul goresan. Sehingga bagian dari stainless steelnya tidak rusak.

Membersihkan Mata Parut

Bentuk mata parut dari mesin ini lonjong serta ada gerigi yang nantinya akan menghancurkan kelapa. Setelah selesai melakukan proses memarut, akan tertinggal sisa-sisa serabut kelapa.

 

Jika tidak segera Anda bersihkan akan menimbulkan kerak. Sehingga akan mengakibatkan ketajaman gerigi berkurang. Cara membersihkannya cukup mudah, Anda hanya perlu menyikat lalu menyiramnya dengan air.

 

Jangan lupa untuk mengelapnya sampai kering. Anda bisa membersihkan setiap selesai memakai mesin.

 

Membersihkan secara teliti setiap bagian dari mesin parut kelapa sangat penting. Agar mesin tetap awet dan bekerja dengan maksimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bisnis

Big Data, Simak 3 Bagian dan Fungsinya

Penggunaan basis data untuk mengolah dan menyimpan semua informasi. Istilah big data mungkin sudah akrab di telinga Anda sebagai pengembang dari perangkat lunak dalam skala luas. 3 Bagian Big Data Mengartikan data besar sebagai kumpulan proses terdiri dari data yang terstruktur maupun tidak terstruktur untuk membantu kegiatan bisnis. Istilah tersebut merupakan hasil dari pengembangan sistem […]

Read More
Bisnis

Layanan Baru BFI Finance dengan Tekhnologi BFI Connect

BFI Finance sebagai perusahaan multifinance terbaik di Indonesia, saat ini siap memanfaatkan peluang bisnis di tengah perbaikan ekonomi makro, mengisi celah yang ditinggalkan competitor di 2022. PT BFI Finance Indonesia Tbk (BFIN) telah mentransformasi layanan digital dengan BFI Connect. Layanan BFI Finance terbarunya ini akan teritegerasi di aplikasi ekosistem digital dengan target menggaet segmen pasar […]

Read More
Bisnis

6 Cara Promosi di Instagram yang Mudah untuk Pemula

Instagram menjadi media sosial yang banyak digunakan oleh pebisnis. Cara promosi di Instagram banyak diincar oleh pengguna yang memanfaatkan platform ini untuk bisnis. Untuk bisa berpromosi, mari simak hal yang harus Anda ketahui tentang langkah promosi di Instagram berikut.    6 Cara Promosi di Instagram yang Mudah untuk Pemula   Dibutuhkan cara promosi di Instagram […]

Read More