Perhatikan Hal Ini Sebelum Anda Berbisnis Salon Kecantikan

Salon dan klinik kecantikan masih menjadi bisnis yang menjanjikan. Pasalnya, layanan perawatan rambut dan tubuh selalu dicari oleh banyak orang. Maka tak heran banyak pihak yang ingin membuka salon. Namun menjalankan bisnis salon bukan hanya perkara memberikan ragam pelayanan terbaik.

Menjalankan bisnis salon dan kecantikan juga harus dibarengi dengan kemampuan memonitor berbagai hal. Sebab, ini menjadi kunci agar bisnis salon dan klinik kecantikan Anda terus berdiri dan mendapatkan keuntungan. Apa saja yang harus Anda monitor dalam menjalankan bisnis salon dan klinik kecantikan?

Penjualan Perawatan dan Produk Salon

Anda harus memastikan segala penjualan layanan salon dicatat dengan baik serta pemasukan dari setiap penjualan dapat dilacak. Untuk memonitor penjualan, Anda bisa menggunakan pencatatan di komputer menggunakan excel atau Aplikasi salon yang mencantumkan produk dan layanan, harga, serta jumlah yang dijual setiap harinya.

Sebaiknya, pekerjakan satu pegawai khusus untuk melakukan pencatatan ini. Pegawai tersebut harus bisa mengelola penjualan dengan baik. Salah satunya mencatat bon dari setiap penjualan yang menunjukkan nama stylist, layanan atau produk, hingga jumlahnya.

Dari catatan yang lengkap tersebut, Anda bisa memastikan penjualan dan jumlah pelanggan yang datang ke salon dicatat dengan benar. Hal ini juga menjadi faktor untuk memastikan transaksi penjualan dikelola dengan jujur. Selain itu, pencatatan ini berfungsi sebagai indikator kesuksesan bisnis salon per bulannya.

Jumlah dan Kebiasaan Pelanggan

Salah satu indikator bisnis salon Anda sukses adalah banyaknya pelanggan yang datang. Maka Anda harus memonitor pelanggan dengan baik. Pertama, monitor jumlah pelanggan baru yang dihasilkan per bulannya. Dari data ini, Anda bisa mengatur strategi ke depannya untuk terus mendatangkan pelanggan baru. Misalnya membuat konten menarik di media sosial hingga memasang iklan online.

Produktivitas Salon

Hal lain yang harus dimonitor saat menjalankan bisnis salon dan klinik kecantikan adalah produktivitas salon itu sendiri. Jika Anda jeli dan memperhatikan tingkat produktivitas salon Anda tinggi – biasanya hal ini ditandai dari jadwal stylist yang semakin padat – maka Anda harus bergerak melakukan strategi baru.

Strategi Digital Marketing

Tak bisa dipungkiri, kini banyak salon yang sudah go online demi menjaring banyak pelanggan. Ada banyak cara yang dilakukan, yakni membuat situs salon, media sosial, hingga memasang iklan online. Anda bisa mencantumkan informasi mengenai salon, seperti alamat, jenis layanan perawatan hingga produk yang dijual, serta fitur resarvasi online.

Sukseskan Bisnis Salon Anda dengan Bergabung Bersama Zenwell

Untuk mencegah risiko salon alami masalah keuangan kelak, Anda perlu software klinik kecantikan yang memiliki manajemen operasional usaha. Atur keuangan salon Anda mulai pengendalian kas keluar dan masuk, risiko kerugian dari pembatalan booking online, pengaturan anggaran belanja produk perawatan rambut, dan manajemen operasional lain.

Anda bisa mendapatkan kemudahan pengaturan keuangan salon dengan memakai aplikasi salon Zenwel yang berkualitas. Daftar sekarang untuk mendapatkan kelebihan fitur-fitur premium dari Zenwel dengan biaya mulai dua ribuan per hari! Ingin mencoba fitur gratis sebagai bahan pertimbangan, segera hubungi kontak layanan Zenwel ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Bisnis

Memahami Mesin Kasir Offline Biasa dan Berbasis Komputer

Seperti yang kita ketahui bahwa mesin kasir offline mempunyai beberapa fungsi yang bisa dimanfaatkan oleh para pemilik usaha seperti halnya pencatatan laporan untung rugi yang jauh lebih baik. Tak hanya itu saja karena juga bisa dimanfaatkan untuk menyimpan serta merekam data hasil laporan akhir. Apa yang harus dipahami dari mesin kasir offline biasa dan berbasis […]

Read More
Bisnis

Bagaimana Cara Kirim Paket dari USA ke Indonesia agar Mendapat Harga Murah?

Biaya menjadi salah satu faktor pertimbangan yang sering kali dipikirkan matang-matang sebelum melakukan sesuatu. Terutama ketika akan kirim paket dari USA ke Indonesia menggunakan ekspedisi khusus, lalu bagaimana caranya agar mendapatkan tarif murah namun tetap aman pengirimannya? Beberapa Cara Kirim Paket dari USA ke Indonesia agar Mendapat Harga Murah Harga murah memang paling hal paling […]

Read More
Bisnis

Big Data, Simak 3 Bagian dan Fungsinya

Penggunaan basis data untuk mengolah dan menyimpan semua informasi. Istilah big data mungkin sudah akrab di telinga Anda sebagai pengembang dari perangkat lunak dalam skala luas. 3 Bagian Big Data Mengartikan data besar sebagai kumpulan proses terdiri dari data yang terstruktur maupun tidak terstruktur untuk membantu kegiatan bisnis. Istilah tersebut merupakan hasil dari pengembangan sistem […]

Read More