Polisi Gerebek Gudang Penimbun Obat untuk Covid-19 di Jakarta Barat

Jajaran Polres Metro Jakarta Barat melakukan penggerebekan terhadap sebuah gudang yang berlokasi di Jl. Peta Barat Ruko Peta Barat Indah III Blok C No. 8 Kalideres Jakarta Barat. Gudang tersebut diketahui melakukan penimbunan obat jenis Azithromycin yang merupakan obat untuk penderita Covid 19. Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes pol Ady Wibowo mengatakan, tindakan penggerebekan itu dilakukan pihaknya karena terdapat indikasi adanya penimbunan obat di gudang tersebut.

Tak hanya itu Kapolres Ady juga menyebut kalau para oknum yang bekerja pada gudang itu juga turut menjual obat dengan harga yang lebih mahal. Adapun besaran harga yang dipatok para oknum obat itu yakni sebesar Rp3.350 per tablet. Padahal kata Ady, jika sesuai dengan ketentuan harga eceran tertinggi (HET) obat itu seharusnya dijual Rp1.700 per tablet.

"Oknum juga menaikkan harga dari ketentuan Harga eceran tertinggi (HET) yang sudah diputuskan oleh pemerintah melalui Keputusan menteri kesehatan RI no HK 01.07/MENKES/4825/2021 tgl 2 juli 2021 untuk Jenis Azithromycin 500 mg," tuturnya Dari hasil penggerebekan, polisi mendapati sekitar 730 box obat untuk diamankan. Jumlah itu kata Ady jika dikonversikan dapat digunakan untuk 2000 lebih orang penderita Covid 19.

"Dimana jumlah tersebut jika dikonversikan dengan penggunaan wajar dapat digunakan untuk 2920 Orang penderita Covid 19," tuturnya. Kendati begitu, Ady belum mengungkapkan secara rinci para oknum yang sudah diamankan. Sebab kata dia hingga saat ini, pihaknya masih terus melakukan pemeriksaan mendalam.

Akibat perbuatannya, oknum penimbun dan penjual obat mahal itu diancam Pasal 107 Jo Pasal 29 ayat (1) UURI No. 7 tahun 2014 tentang Perdagangan dan atau Pasal 62 ayat (1) Jo Pasal 10 UURI No. 8 tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen dan atau Pasal 14 Jo Pasal 5 ayat (1) UURI No. 4 tahun 1984 tentang Wabah Penyakit Menular. "Lengkapnya nanti kita akan rilis setelah semua pihak terkait kami periksa," tukas Kombes Ady.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Metropolitan

Soal Kebakaran di Lapas Tangerang, Kriminolog UI Soroti Faktor Over Kapasitas hingga SOP Pengamanan

Kriminolog FISIP UI, Iqrak Sulhin menyoroti soal peristiwa kebakaran di Lapas Kelas I Tangerang yang terjadi pada Rabu (8/9/2021) dini hari kemarin. Kini, korban tewas akibat kebakaran bertambah tiga orang sehingga total mencapai 44 narapidana per Kamis (9/9/2021). Sementara, korban luka berat sebanyak lima orang lainnya masih menjalani perawatan insentif di RSUD Tangerang. Iqrak menyebut, […]

Read More
Metropolitan

Viral Ibu Muda Asal Garut Terekam CCTV Buang Jasad Bayi di Bekasi, Berikut Cerita Lengkapnya

Kasus wanita buang mayat bayi di Jalan Bintara 9, Kecamatan Bekasi Barat, Kota Bekasi, Jawa Barat, mendadak viral setelah rekaman CCTV nya beredar di media sosial. Wanita tersebut tampak tenang meletakan kantung plastik merah di depan mobil yang terpakir di sebelah kendaraan yang ditumpanginya. Ketua RW setempat Abi Fika mengatakan, tempat kejadian perkara berapa di […]

Read More
Metropolitan

Disuruh Putar Balik, Pemudik Teriak ke Polisi: Saya Satu Kompleks Sama Bupati

Sejumlah pengendara ngeyel saat diminta petugas untuk putar balik di Simpang Gadog, kawasan jalur Puncak, Kabupaten Bogor, Sabtu (15/5/2021). Bahkan ada pengendara ngeyel yang berteriak karena menolak untuk memutar balik kendaraannya. Pengendara tersebut mengaku sebagai tetangga bupati sambil menunjukkan KTP dari dalam mobil. "Saya orang Cianjur asli, saya aja tinggalnya satu komplek sama pak Bupati," […]

Read More